banner

10 Hal yang Membuat Manusia Istimewa dari pada Mahluk lain

Written by
0 Hal yang Membuat Manusia Istimewa
0 Hal yang Membuat Manusia Istimewa
10 Hal yang Membuat Manusia Istimewa

Hal yang Membuat Manusia Istimewa

Bahagialah kita tercipta sebagai manusia. Dibandingkan makhluk hidup lain, manusia punyai beberapa kelebihan hingga sanggup hidup lebih pantas. Itu yang membuat manusia jadi makhluk hidup yang tertinggi derajadnya.

Periset mengaitkan 10 hal yang membuat manusia istimewa dibandingkah makhluk hidup lain:

Otak yang Luar Biasa

Hal yang Membuat Manusia Istimewa yang pertama adalah walaupun sama masuk ke kingdom binatang, manusia unggul karena memiliki otak luar biasa. Ukuran otaknya memanglah bukan yang paling besar di dunia, karena ikan paus lah yang otaknya terbesar. Berat otak manusia cuman sekitaran 3 pon, tetapi mempunyai kekuatan terhebat antara masyarakat kerajaan hewan.

Bentuk Badan Lempeng

Manusia termasuk bangsa primata, tetapi manusia lah yang sanggup jalan tegak lempeng. Ini membuat tangan kita bebas bekerja, tidak seperti primata yang lain memakai tangan sebagai penunjang badan untuk berjalan. Kita cuman membutuhkan tangan untuk jalan saat bayi saja. Pikirkan jika kita terus menerus merayap, tentunya cukup sulit membuat computer atau semua tehnologi hebat sekarang ini kan?

Tidak Dengan bulu

Dibandingkan famili kita beberapa kera, kita ini terhitung telanjang, lho. Ya, karena untuk bangsa primata, bulu-bulu itu seperti baju alami. Walaupun tidak banyak bulu-bulu sama panjang dengan bangsa monyet, malah bulu-bulu di badan kita lebih lebat jika dihitung rerata jumlah produksinya. Untung lah bulu-bulu itu berbeda panjang dengan bulu-bulu monyet ya!

Wujud Jemari

Manusia bukan salah satu “hewan” yang sanggup menggenggam benda dengan tangannya lewat wujud jemari yang ideal. Bangsa primata lain seperti kera sanggup melakukannya. Yang membuat manusia unik ialah wujud jemari dan ukuran sama-sama berlainan satu dengan lain. Tiap jemari mempunyai peranan berlainan saat lakukan satu pekerjaan. Ini membuat jari-jari kita dapat menulis secara baik, menuai gitar, dan manfaatkan object lainnya. Hal yang tidak dapat dilaksanakan bangsa primata lain sebagus kita.

Berbicara

Laring atau kotak suara kita ada pada bagian terikuth kerongkongan, lebih rendah terletak dibandingkan simpanse. Ini membuat kita sanggup ucapkan banyak kata dan sanggup bicara dibanding bangsa primata lain. Kita awali mempunyai kekuatan ini semenjak 350.000 tahun kemarin, saat leluhur manusia bisa mulai bicara dengan baik.

Kenakan pakaian

Manusia salah satu anggota kerajaan hewan yang berpakaian. Kemungkinan karena tbuhnya termasuk telanjang. Perubahan skema kenakan pakaian ini dikuasai oleh evolusi.

Mengatur Api

Apa ada hewan atau tanaman yang sanggup mengatur api? Tidak ada. Cuman manusia, makhluk hidup yang bisa mengontrol api, lalu memakainya untuk kehidupan. Dimulai dari sebagai penghangat, penerang, sampai membuat alat dan mengolah.

Malu

Manusia salah satu spesies yang bias berasa malu, tersipu-sipu. Darwin mengatakan sebagai sikap paling unik dan khas disbanding gestur lain yang sudah dilakukan makhluk hidup.

Periode Kanak-kanak Panjang

Dibandingkan hewan lain atau sebangsa primata, manusia habiskan terbanyak waktu bersama orang tuanya. Argumen paling logis menurut periset ialah karena manusia membutuhkan semakin banyak waktu untuk meningkatkan otaknya yang paling kompleks dan memang lebih baik disbanding makhluk hidup lain.

Hidup Lama Sesudah Reproduksi

Mayoritas hewan hidup sesaat sesudah mereka lakukan reproduksi. Tetapi manusia, terutamanya yang wanita, masih bias hidup lama sesudah mereka melahirkan. Periset menyangka ini karena ada ikatan social antara manusia, khususnya keluarga besar. Kakek dan nenek bias menolong mengasuh anak atau sekadar memberikan perhatian. Itu ialah kondisi yang tidak berlaku pada hewan.

Ditranslate dari LiveScience.com. oleh Merry Magdalena (netsains.com) WIKIPEDIA

Ditulis IMGKU

Article Tags:
·
Article Categories:
Fakta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shares